Tuesday, June 24, 2008

Si Kuping Laut, Lezat dan Berkhasiat

Pernah mencicipi kuping laut atau yang dikenal dengan kerang 'abalone'? Abalone and duck liver combination atau Sauted diced abalone and prawn merupakan salah satu menu yang dapat Anda cicipi disini. Selain memiliki rasa unik dan tekstur selembut sutra, hidangan ini juga berkhasiat bagi kesehatan.

Tepatnya mulai dari tanggal 15 Juni 2008 kemarin, Hotel Mulia Senayan Jakarta meluncurkan promosi kuliner spesial bertajuk 'Absolutely Abalone'. Promo yang berlangsung di Samudra Shark's Fin Restaurant ini menyajikan berbagai menu otentik yang menggunakan abalone sebagai bahan utamanya.

Diperkaya dengan bumbu khas Cina dan diramu oleh keahlian tim kuliner Samudra Shark's Fin, terciptalah sederet menu otentik. Sebut saja Abalone and Duck Liver Combination yang merupakan kombinasi dari duck liver dan abalone. Dimana hidangan ini disajikan bersama soft tofu yang lembut membelai lidah.

Bosan dengan menu pembuka seperti salad atau sup? Anda dapat mencoba Chilled Abalone with Crab Meat and 3 Caviar yang unik ini. Sajian ini terdiri dari irisan kerang abalone; agar-agar, daging kepiting, plus caviar yang hmm... dijamin membuat mata merem-melek dibuatnya. Selain itu ada menu-menu lainnya yang tak kalah menggoda seperti Braised Abalone with Squid Paste, Braised Abalone and Fish Maw, atau Braised Abalone and Asparagus Roll.

Abalone (Halloitis) sendiri merupakan salah satu lambang kemakmuran bagi bangsa Cina. Abalone memiliki beragam jenis nama, di Cina kerang ini dikenal sebagai 'Pao Yu', 'Awabi' di Jepang, 'Loco' di Amerika Selatan, 'Muttonfish' di Australia, dan 'Paua' di Selandia baru.

"Untuk menarik perhatian publik dan mengasah rasa ingin tahu mereka, kami memang sengaja memakai artian harafiah dari nama latin Abalone, 'Holliotis', yakni: 'Sea Ear' atau 'kuping laut', ujar Adeza Hamzah selaku Communications Manager, Hotel Mulia Senayan.

Tak hanya di Indonesia, abalone merupakan sajikan yang terbilang cukup exclusive. Mengapa tidak? Berbeda dengan kerang lainnya, abalone hanya dapat ditemui dikedalaman laut yang jauh. Untuk memprosesnya tidaklah mudah, karena membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan sebelum diproses lebih lanjut. Tak heran, selain jarang ditemui hidangan ini juga terbilang langka dan dihargai cukup mahal.

Selain itu untuk memasaknya pun diperlukan teknik khusus, jika tidak abalone pun akan terasa keras atau alot ketika disantap. Selain rasanya yang lezat, ternyata hidanga seharga Rp 188.000,00 hingga Rp 558.000,00 ini memiliki banyak manfaat kesehatan khususnya bagi wanita. Abalone dipercaya memiliki kandungan protein dan vitamin E, selenium, dan magnesium. Selain itu Abalone juga konon berkhasiat tinggi bagi kesehatan mata, kulit, dan kekebalan tubuh.

Nah, jadi jika Anda ingin mencicipi kelezatan Abalone jangan lewatkan kesempatan istimewa yang hanya berlangsung hingga tanggal 30 Juni 2008. Untuk info dan reservasi, Anda dapat menghubungi nomor telepon 021-5747777.

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!